Kelas / Semester :
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
(Sentot)
|
Kegiatan Pembelajaran
(Laduni)
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan Alat
|
-
Kata (mabni dan tasrif)
-
mujarrod
|
Muqoddimah
tamyiz
|
1. menjelaskan
metode Tamyiz adalah metode atau cara mudah untuk menerjemahkan al Qur’an
(metode Tamyiz 1) dan membaca kitab kuning metode Tamyiz 2) bagi santri dan
orang yang tidak menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa ibunya
2. menjelasakan metode menterjemahkan dan
membaca adalah masuk dalam kelompok ilmu alat.
3. Ilmu
alat lebih mendekati masuk dalam kelompok keterampilan dari pada sebagai
pengetahuan
4. Cara
terbaik memahami atau menguasai. Keterampilan adalah dengan cara latihan atau
mengulang-ulang sesering mungkin minimal 27 kali.
5. Metode
Tamyiz adalah metode atau cara mudah untuk menguasai keterampilan (bukan
pengetahuan) menerjemah al Qur’an dan keterampilan membaca kitab kuning.
6. Menjelaskan
al Qur’an itu mudah
7. Kosa
kata (mufrodat) dalam al Qur’an sangat sedikit yaitu 2065 kata.
8. Mengajar
Tamyiz harus dengan hati dan mengunakan ilmu senot
9. Ilmu
senot adalah teknik mengajar khas Metode Tamyiz berupa metode guru mengajar
yang menitik beratkan pada menanamkan kesan akhir pada siswa bahwa belajar
itu sangat mudah dan siswa pun akan merasa mampu mengajarkan kembali sebagai
mana gurunya.
10.
belajar Tamyiz harus mengunakan
ilmu laduni.
11.
Ilmu laduni adalah teknik belajar
khas metode Tamyiz berupa metode belajar dengan mengeraskan suara dengan
suara berintonasi ajaib atau berirama. (teknik mengaktifkan 3 otak yaitu otak
kiri, otak kanan, dan otak bawah sadar secara integratif sehingga belajar menjadi sangat ringan dan
mudah sehingga akan mendapatkan hasil belajar yang optimal).
12.
Evaluasi Ustadz/ ah terhadap
kemampuan santri dalam menerjemahkan Al Qur’an dan membaca kitab kuning
adalah dengan mengunakan kata indikator “mampu mengajarkan kembali’
13.
Apabila ada santri yang tidak
bisa, yang salah bukan santri, tetapi ada yang salah cara mengajar gurunya.
14.
Target pembelajaran tamyiz 1
adalah pintar terjemah Al Qur’an dalam 24 jam belajar.
15.
Target pembelajaran Tamyiz 2
adalah pintar baca kitab kuning dalam 76 jam belajar, total 100 jam belajar.
16.
Perkenalan dengan yel-yel Tamyiz
atau lagu-lagu tamyiz.
|
1.
memahami ilmu laduni (cara belajar
khas metode tamyiz) dengan mengeraskan suara
2.
memahami yel-yel tamyiz tau
lagu-lagu tamyiz
|
|
|
Tamyiz
|
SATUAN
PERKULIAHAN TAMYIZ
FKDT
KOTA BANDUNG
Nama Pelajaran :
Tamyiz 1&2
Kelas / Semester : I
/ 2016-2017
Waktu :135
menit x 25 Pertemuan
Pertemuan
|
Pokok Pembahasan
|
Sub Pokok Bahasan Dan Sasaran Belajar
|
Cara Pengajaran
|
Media
|
Tugas
|
Ref
|
1
|
-
Perkenalan tentang Tamyiz
-
Menjelaskan tentang Huruf Lagu huruf dari kolom 1-20
|
|
Dengan
metode laduni dan sentot
|
Papan
tulis, Proyektor, Speaker active
|
|
|
2
|
-
Mengulang lagu huruf dari kolom 1-20
-
Menjelaskan tentang Huruf Lagu huruf dari kolom 21-26
-
Latihan Praktek Huruf Q.S Abaqarah
|
|
Dengan
metode laduni dan sentot
|
Papan
tulis, Proyektor, Speaker active
|
|
|
3
|
-
Mengulang lagu huruf dari kolom 1-26
-
Menjelaskan Ciri-ciri Isim,Ciri-ciri
Fiil Mudore, Amr, dan Madi beserta Tasrifnya
-
Latihan praktek Isim, Fiil Mudore,
Amr, dan Madi beserta Tasrifnya Q.S Al baraqarah
|
|
Dengan
metode laduni dan sentot
|
Papan
tulis, Proyektor, Speaker active
|
|
|
4
|
-
Mengulang lagu huruf dari kolom 1-26,Ciri Isim dan Ciri Fiil
-
Menjelaskan tasrif beserta domirnya dari fiil Mudore, Amar,
Madi.
-
Mempelajari wajan فعل
|
|
Dengan
metode laduni dan sentot
|
Papan
tulis, Proyektor, Speaker active
|
|
|
5
|
-
Mengulang lagu huuf dari kolom 1-26,Ciri Isim,Ciri Fiil dan domirnya, serta wajan فعل
-
Menjelaskan tentang Huruf Lagu
huruf dan artinya dari kolom 1-26
|
|
Dengan
metode laduni dan sentot
|
Papan
tulis, Proyektor, Speaker active
|
|
|
6
|
-
Mengulang lagu huruf dan artinya
dari kolom 1-26, Ciri isim Ciri Fiil
dan domirnya, serta wajan فعل,
-
Menjelaskan Mujarod
-
Latihan Mujarod
|
|
Dengan
metode laduni dan sentot
|
Papan
tulis, Proyektor, Speaker active
|
Terjemah
Qur an surat Al Baqarah ayat 2-25
|
|
7
|
-
Mengulang lagu Tamyiz I
-
Menjelaskan الاعراب
harokat akhir dari Isim
dan Mudore serta tasrif nya
-
Mempelajari اعراب المضارع dan tasrifnya
-
Latihan praktek Q.S Al baraqarah
|
|
Dengan
metode laduni dan sentot
|
Papan
tulis, Proyektor, Speaker active
|
|
|
8
|
-
Mengulang lagu- lagu
-
Menjelaskan materi عوامل
الاسمdan عوامل المضارع
-
Latihan praktek عوامل
الاسمdan عوامل المضارع Q.S Al baraqarah
|
|
Dengan
metode laduni dan sentot
|
Papan
tulis, Proyektor, Speaker active
|
|
|
9
|
-
Mengulang lagu- lagu
-
Menjelaskan materi سبه الجمله
Dan Ciri نكرة صفة
-
Latihan praktek سبه
الجمله Q.S Al
baraqarah
|
|
Dengan
metode laduni dan sentot
|
Papan
tulis, Proyektor, Speaker active
|
|
|
10
|
-
Mengulang lagu- lagu
-
Menjelaskan materi اسم غيرمنصرف dan اسم
الخاص
-
Latihan praktek اسم
غيرمنصرف dan اسم
الخاص
Q.S Al
baraqarah
|
|
Dengan
metode laduni dan sentot
|
Papan
tulis, Proyektor, Speaker active
|
|
|
11
|
-
Mengulang lagu- lagu
-
Menjelaskan materi جملة الفعلية
-
Latihan praktek جملة
الفعلية Q.S Al baraqarah
|
|
Dengan
metode laduni dan sentot
|
Papan
tulis, Proyektor, Speaker active
|
|
|
12
|
-
Mengulang lagu- lagu
-
Menjelaskan materi جملة الإبتداءية
-
Latihan praktek جملة
الإبتداءية Q.S Al baraqarah
|
|
Dengan
metode laduni dan sentot
|
Papan
tulis, Proyektor, Speaker active
|
|
|
13
|
-
Mengulang lagu- lagu
-
Praktek I’Rab Qur an surat Al
Baqarah ayat 26-100
|
|
Dengan
metode laduni dan sentot
|
Papan
tulis, Proyektor, Speaker active
|
Terjemah
Qur an surat Al Baqarah ayat 26-100
|
|
14
|
-
Mengulang lagu- lagu
-
Praktek I’Rab Qur an surat Al
Baqarah ayat 26-100
|
|
Dengan
metode laduni dan sentot
|
Papan
tulis, Proyektor, Speaker active
|
Terjemah
Qur an surat Al Baqarah ayat 26-100
|
|
15
|
-
Mengulang lagu- lagu
-
Praktek I’Rab Qur an surat Al
Baqarah ayat 26-100
|
|
Dengan
metode laduni dan sentot
|
Papan
tulis, Proyektor, Speaker active
|
Terjemah
Qur an surat Al Baqarah ayat 26-100
|
|
16
|
-
Mengulang lagu- lagu
-
Praktek I’Rab Qur an surat Al
Baqarah ayat 26-100
|
|
Dengan
metode laduni dan sentot
|
Papan
tulis, Proyektor, Speaker active
|
Terjemah
Qur an surat Al Baqarah ayat 26-100
|
|
17
|
-
Mengulang lagu- lagu
-
Praktek I’Rab Kitab kuning
|
|
Dengan
metode laduni dan sentot
|
Papan
tulis, Proyektor, Speaker active
|
I’Rab
dan Terjemah Kitab kuning
|
|
18
|
-
Mengulang lagu- lagu
-
Praktek I’Rab Kitab kuning
|
|
Dengan
metode laduni dan sentot
|
Papan
tulis, Proyektor, Speaker active
|
I’Rab
dan Terjemah Kitab kuning
|
|
19
|
Menghapal
terjemah Al Qur an dengan Metode Tamyiz
|
|
Dengan
metode laduni dan sentot
|
Papan
tulis, Proyektor, Speaker active
|
|
|
20
|
Menghapal
terjemah Al Qur an dengan Metode Tamyiz
|
|
Dengan
metode laduni dan sentot
|
Papan
tulis, Proyektor, Speaker active
|
|
|
21
|
Menghapal
terjemah Al Qur an dengan Metode Tamyiz
|
|
Dengan
metode laduni dan sentot
|
Papan
tulis, Proyektor, Speaker active
|
|
|
22
|
Menghapal
terjemah Al Qur an dengan Metode Tamyiz
|
|
Dengan
metode laduni dan sentot
|
Papan
tulis, Proyektor, Speaker active
|
|
|
23
|
Menghapal
terjemah Al Qur an dengan Metode Tamyiz
|
|
Dengan
metode laduni dan sentot
|
Papan
tulis, Proyektor, Speaker active
|
|
|
24
|
Menghapal
terjemah Al Qur an dengan Metode Tamyiz
|
|
Dengan
metode laduni dan sentot
|
Papan
tulis, Proyektor, Speaker active
|
|
|
25
|
Wisuda
Angkatan ke I Pelatihan Metode Tamyiz. Metode mudah hafal Terjemah Qur’an
& Kitab Kuning selama 100 jam
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar